Pengertian E-Commerce
Electronic Commerce  (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis  yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission), oleh para  ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya. Secara umum  e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi  perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service)  dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah  disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian  dari kegiatan bisni.
Sistem E - Commerce dibagi dalam tiga tipe yaitu :
Sistem E - Commerce dibagi dalam tiga tipe yaitu :
EMs adalah sebuah  sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk  melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga  pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Dalam  pengertian lain, EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi  yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk  bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan. Keuntungan  fasilitas EMs bagi pelanggan adalah terlihat lebih nyata dan efisien  dalam hal waktu. Sedangkan bagi penjual, ia dapat mendistribusikan  informasi mengenai produk dan service yang ditawarkan dengan lebih cepat  sehingga dapat menarik pelanggan lebih banyak.
EDI adalah sarana untuk mengefisienkan  pertukaran data transaksi-transaksi reguler yang berulang dalam jumlah  besar antara organisasi-organisasi komersial. Secara formal EDI  didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA)  sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah  disetujui yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer  yang lain dengan menggunakan media elektronik”. EDI sangat luas  penggunaannya, biasanya digunakan oleh kelompok retail yang besar ketika  melakukan bisnis dagang dengan para supplier mereka.
EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer yang satu ke sistem komputer yang lain tanpa memerlukan hardcopy, faktur, serta terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.
Keuntungan dalam menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, memperoleh respon yang cepat, pengiriman faktur yang cepat dan akurat serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.
Internet Commerce
EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer yang satu ke sistem komputer yang lain tanpa memerlukan hardcopy, faktur, serta terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.
Keuntungan dalam menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, memperoleh respon yang cepat, pengiriman faktur yang cepat dan akurat serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.
Internet commerce adalah  penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi  untuk perdagangan. Kegiatan komersial ini seperti iklan dalam penjualan  produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet antara lain  pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirim melalui pos atau  sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.
Penggunaan internet sebagai media pemasaran dan saluran penjualan terbukti mempunyai keuntungan antara lain untuk beberapa produk tertentu lebih sesuai ditawarkan melalui internet; harga lebih murah mengingat membuat situs di internet lebih murah biayanya dibandingkan dengan membuka outlet retail di berbagai tempat; internet merupakan media promosi perusahaan dan produk yang paling tepat dengan harga yang relatif lebih murah; serta pembelian melalui internet akan diikuti dengan layanan pengantaran barang sampai di tempat pemesan.
Penggunaan internet sebagai media pemasaran dan saluran penjualan terbukti mempunyai keuntungan antara lain untuk beberapa produk tertentu lebih sesuai ditawarkan melalui internet; harga lebih murah mengingat membuat situs di internet lebih murah biayanya dibandingkan dengan membuka outlet retail di berbagai tempat; internet merupakan media promosi perusahaan dan produk yang paling tepat dengan harga yang relatif lebih murah; serta pembelian melalui internet akan diikuti dengan layanan pengantaran barang sampai di tempat pemesan.
Business to Business (B2B)
Business to Business (B2B) adalah  sistem komunikasi bisnis on-line antar pelaku bisnis. Dalam  Business to Business pada umumnya transaksi dilakukan oleh para 
trading  partners yang sudah saling kenal dengan format data yang telah 
 disepakati bersama.
Business to Consumer (B2C)
Business  to Consumer (B2C) merupakan mekanisme toko on-line (electronic shopping  mall), yaitu transaksi antara e-merchant dengan e-customer. Dalam Business to Customer sifatnya  terbuka untuk publik, sehingga setiap individu dapat mengaksesnya  melalui suatu web server.
0 komentar
Posting Komentar